0
Penyebab, Gejala dan Pengobatan Radang Paru-paru
Paru-paru adalah salah satu organ pada sistem pernapasan yang berfungsi sebagai tempat bertukarnya oksigen dari udara yang menggantikan karbondioksida di dalam darah. Proses ini dinamakan sebagai respirasi dengan menggunakan batuan haemoglobin sebagai pengikat oksigen. Setelah O2 di dalam darah diikat oleh hemoglobin, selanjutnya dialirkan ke seluruh tubuh.  Oleh sebab itu, Paru-paru  merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Anda sebaiknya menjaga kesehatan paru-paru karena banyak sekali jenis penyakit siap menderanya.

Salah satu penyakti yang paling utama dari paru-paru adalah Pneumonia atau biasa disebut radang paru-paru. Peradangan dari gelembung udara mikroskopik paru-paru yaitu alveolus dan saluran udara terkecil yaitu bronkiolus atau disebut pneumonia. Pneumonia atau radang paru-paru dapat timbul di berbagai daerah di paru-paru. Pneumonia lobar menyerang sebuah lobus atau potongan besar paru-paru. Pneumonia lobar adalah bentuk pneumonia yang mempengaruhi area yang luas dan terus-menerus dari lobus paru-paru.

Selain itu, ada juga yang disebut bronkopneumonia yang menyerang seberkas jaringan di salah satu paru-paru atau keduanya.

Penyebab radang paru-paru:
Penyebab utama radang paru-paru adalah infeksi bakteri, sering kali dari jenis Streptococcus pneumoniae. Pneumonia dapat dipicu menjadi permasalahan sekunder oleh infeksi virus di saluran pernapasan atas, seperti flu.

Penyebab lain radang paru-paru meliputi berbagai jenis bakteri juga virus seperti influenza dan cacar air dan lebih jarang mikroorganisme seperti protozoa dan jamur.

Gejala radang paru-paru:
Gejala radang paru-paru atau pnemonia kadang tak berbeda jauh dengan infeksi pernafasan lain.
Gejalanya utama adalah batuk dengan dengan dahak berdarah, sesak napas, nyeri dada, dan demam tinggi dengan kesadaran menurun. Namun karena radang paru-paru bisa membunuh, maka gejala awalnya jangan disepelekan. The U.S. National Heart, Lung, and Blood Institute menyebut enam tanda awal dari pneumonia:

1. Demam tinggi.
2. Perasaan dingin menggigil hingga Anda bergerak tanpa diinginkan.
3. Batuk berdahak yang semakin lama semakin buruk.
4. Sesak nafas, terutama saat beraktifitas sehari-hari.
5. Sakit dada terutama saat bernafas atau batuk.
6. Merasa sangat buruk saat terseran flu atau masuk angin.

Pengobatan radang paru-paru:
Jika penyebabnya bakteri, pengobatan dilakukan dengan antibiotik. Salah satu alternatif pengobatan tradisionalnya adalah dengan belimbing manis.

Caranya Pengobatan radang paru-paru::
Siapkan 5 buah belimbing manis kemudian cuci sampai bersih. Lalu belimbing tersebut diparut untuk di ambil airnya. Campurkan airnya dengan 2 sendok makan madu murni. Kemudian diminum 2 kali sehari dengan takaran 2 sendok makan setiap kali minum..

Post a Comment

 
Top