0
manfaat dari daun sukun beserta cara pengolahannya
Sukun termasuk dalam genus Artocarpus (famili Moraceae) yang terdiri atas 50 spesies tanaman berkayu, yang hanya tumbuh di daerah panas dan lembab di kawasan Asia Tenggara dan kepulauan Pasifik. Buahnya berbentuk bulat berkulit tebal dan kasar, dengan warna hijau muda dan kuning dengan berat sekitar 1,5 – 3 kg.

Buah sukun bisa digunakan untuk bahan pangan. Orang biasa memanfaatkannya untuk makanan ringan, semisal direbus, digoreng, atau dibuat keripik dan kolak. Ada juga yang memanfaatkannya sebagai bahan baku tepung dan mi.

Tapi tahukah anda jika sesungguhnya sukun sangat bermanfaat. Buah memiliki kandungan karbohidrat tinggi (bahan makanan), dan kandugan gizi (mineral dan vitamin) buahnya juga tinggi. Seperti asama amino esensial (isoleusin, methionin, lysine, histidine, tryptophan, valin) kandungan mineral dan vitamin ini bermanafaat untuk Sistem pencernaan, Perkuat gigi dan tulang, Penyakit, ginjal, Obat diabetes, Pengidap liver dan lain-lain

Daun tanaman tersebut mengandung beberapa zat berkhasiat seperti asam hidrosianat, asetilcolin, tanin, riboflavin, dan sebagainya. Zat-zat ini juga mampu mengatasi peradangan Dan mempunyai khasiat buat kesehatan, efektif untuk mengobati berbagai penyakit seperti liver, hepatitis, sakit gigi, gatal-gatal, pembesaran limpa, jantung, dan ginjal. Bahkan, masyarakat Ambon memanfaatkan kulit batangnya untuk obat mencairkan darah bagi wanita yang baru 8-10 hari melahirkan.

Dibawah ini adalah beberapa manfaat dari daun sukun beserta cara pengolahannya:

Ganguan Ginjal
Caranya ambil tiga lembar daun yang berwarna hijau tua (kurang lebih 15 gram), namun masih menempel di dahan Kemudian cuci bersih pada air mengalir. Selanjutnya dirajang lalu jemur sampai kering. Siapkan pula wadah lalu isi dengan air bersih dua liter. Usahakan wadah tersebut terbuat dari gerabah tanah liat, tapi jika pun tak ada bisa juga memakai panci stainless steel. Masukkan dedaunan kering itu lalu dimasak sampai mendidih, sisakan air tersebut sampai volumenya tinggal separuh. Ramuan tersebut disaring untuk diambil airnya. Bisa dicampur madu atau gula untuk pemanis.

Selanjutnya, tambahkan air bersih satu liter, dan didihkan lagi sampai separuh. Kemudian saringlah rebusan daun sukun itu. Warna airnya merah, mirip teh. Rasanya agak pahit. Silakan diminum sampai habis, tak boleh disisakan untuk kesesokan harinya. Demikian seterusnya.
Agar tidak repot bolak-balik mengambil tiga lembar daun, sebaiknya sediakan rajangan daun sukun kering untuk seminggu. Caranya, siapkan lembar daun hijau tua sebanyak 3 x 7 = 21 lembar. Proses selanjutnya persis seperti cara di atas, sehingga kita punya sejumlah rajangan daun sukun kering, tapi dibagi-bagi menjadi tujuh bungkus.

Mengobati Penyakit Jantung
Caranya, ambillah satu lembar daun sukun tua yang masih menempel di pohon. Daun sukun tua mempunyai kadar zat kimia maksimal.

Cucilah sampai bersih lalu dijemur hingga kering. Kemudian rebus sampai mendidih dengan lima gelas air dan sisakan sampai tinggal separuh. Tambahkan air lagi hingga mencapai volume lima gelas. Tunggu hingga mendidih, dinginkan setelah itu disaring, rebusan air itu siap diminum dan harus habis tak bisa disisakan untuk esok hari.

Penurunan Kolestrol
caranya ambil segenggam daun sukun yang sudah kering (15 gram), kemudian campur dengan daun bangle dengan ukuran yang sama atau dua sendok teh serbuk bangle. Seduh dengan air mendidih seperti membuat teh. Bisa ditambahkan madu atau gula untuk pemanis.

Asam urat
Ambil segenggam daun sukun yang telah dikeringkan (15 gram), campur dengan segenggam daun greges otot (atau dua sendok teh dalam bentuk serbuk). Seduh dengan air mendidih, lalu saring. Setelah dingin minum seperti halnya teh. Bisa dicampur madu atau gula untuk pemanis.

Mengobati Penyakit Lever
Cara Pengolahannya: Petiklah beberapa lembar daun sukun yang sudah tua, lalu cuci hingga bersih.
Setelah itu Anda rebus dengan air secukupnya sampai berwarna merah tua.
Bila sudah dingin, minumlah airnya. Lakukan setiap hari 2 kali, yaitu tiap pagi dan sore dengan dosis sekali minum 1 gelas.

Sebagai catatan bahwa selama meminum rebusan daun sukun, hindari makan jeroan, kangkung, sayur bayam, daun singkong karena dapat menyebabkan otot menjadi kram. Untuk info lebih lanjut anda bisa konsultasikan dengan dokter ahli herbal mengenai manfaat daun sukun untuk penyembuhan penyakit anda.

Post a Comment

 
Top