0
Kedelai atau nama latinnya Glycine max (L) Merril merupakan tanaman pangan berupa semak yang tumbuh tegak. Tanaman ini berasal dari daerah Manshukuo (Cina Utara). Penyebaran tanaman kedelai ke Indonesia pada abad ke 17 yang berasal dari daerah Manshukuo menyebar ke daerah Mansyuria: Jepang (Asia Timur) dan negara – negara lain di Amerika dan Afrika.

Bahan makanan alami ini sering kita temukan di sekitar kita. Kacang kedelai memang identik dengan bahan makanan seperti tahu dan tempe. Terkadang kita menyepelekan akan nilai gizinya. Padahal, kacang kedelai ternyata telah menjadi makanan penuh nutrisi yang kaya manfaat.

Begitu banyak para peneliti yang mengungkap akan keunggulan kacang kedelai. Tak heran jika saat ini ada sebutan kedelai naik gengsinya. Karena dari tanaman kedelai ternyata bisa dibuat beragam olahan makanan.

Sebut saja, tempe mendoan yang berasal dari kedelai, lalu ada tahu gejrot asal Cirebon yang juga dibuat dari kedelai. Makanan populer lainnya ada tumis tempe tahu, rempeyek kedelai, tofu, atau susu kacang kedelai yang sedang naik daun belakangan ini. Bagi Anda yang senang dengan bertandang ke resto Jepang, semangkuk kacang kedelai rebus (edamame) bisa dijadikan sebagai camilan sembari menunggu hidangan disajikan.

Kandungan Kacang Kedelai
Dari kandungan gizinya, kedelai yang oleh Jepang dinamakan edamame ini merupakan makanan yang banyak kandungan nutrisinya sebagai sumber protein, lemak, vitamin, mineral juga merupakan serat yang paling baik. Tak hanya itu, susunan asam amino pada kedelai lebih lengkap dan seimbang dibanding kacang lainnya.

Kandungan nutrisi lainnya adalah kalsium, besi, potasium, dan phosphorus. Tak ketinggalan, kacang kedelai juga kaya akan vitamin B kompleks. Kacang kedelai merupakan salah satu yang mengandung protein tinggi, makanan yang berkalsium tinggi ini juga unik karena bebas dari racun kimia.

Kedelai yang dikenal sebagai makanan kaya serat ini juga mengandung lechitin yang bisa membangun kecerdasan dan daya ingat. lechitin ini sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang seorang anak, karena memiliki kandungan nutrisi serta vitamin yang diperlukan seorang anak. Lechitin juga memiliki kandungan asam linoleat, asam linolenat, serta asam oleat yang amat sangat diperlukan dan dibutuhkan seorang anak guna tumbuh kembangnya, agar dia sehat, cerdas, dan pintar.

Manfaat Kacang Kedelai
Ditilik dari harganya, kedelai merupakan bahan pangan yang murah dan bergizi. Dengan mengkonsumsi tiap hari dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit. Nah, beberapa manfaat yang bisa dipetik dari kedelai adalah sebagai berikut:

1. Zat Pembangun
Kedelai banyak mengandung protein yang berfungsi sebagai pembangun tubuh. Baik untuk perkembangan sel- sel otak pada anak – anak, protein kedelai juga menyehatkan tubuh, meningkatkan stamina, dan produksi sel tubuh yang baik.

2. Mengurangi Gejala Menopause
Kandungan kedelai berupa fitoestrogen dan isoflavin dapat membantu memberikan rasa nyaman saat gejala menopause datang. Menopause terjadi karena kadar estrogen tubuh berkurang, sehingga menyebabkan kulit kering, emosi tak stabil, dan depresi. Maka dengan memperbanyak konsumsi protein kedelai membantu kebutuhan untuk bertahan dari efek gejala menopause.

3. Mencegah Osteoporosis
Peptida hasil kedelai dicerna dalam tubuh ternyata mengandung banyak kalsium. Dan dengan bantuan produksi kalsium dari kedelai dapat membantu kita mencegah osteoporosis. Kedelai dapat membantu anak – anak menambah asupan kalsium selain dari susu berkalsium.

4. Mencegah Atherosclerosis
Karbohidrat berupa serat kasar yang terdiri dari zat – zat pembakar lemak dalam tubuh, usus, atau pembuluh darah. Karbohidrat jenis ini yang terkandung dalam kedelai yang bisa mencegah Atherosclerosis.

5. Anti Aging
Kandungan isoflavin dalam kedelai ternyata bersifat anti aging. Senyawa ini akan larut dalam air. Isoflavin sangat baik untuk membantu menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.

6. Mencegah Kanker
Isoflavin adalah kandungan ajaib dalam kedelai yang mampu mencegah penyakit seperti : kanker payudara, usus besar, kanker prostat, paru – paru, kanker perut ataupun rahim.

Post a Comment

 
Top