0
fungsi testosteron
Terapi Testosteron Hentikan Penuaan?
Menurut ilmuwan terapi testosteron dapat menunda penuaan dan dapat bikin pria muda. Hal ini diketahui bahwa terapi testosteron meningkatkan massa otot, mempertajam memori dan konsentrasi, dan meningkatkan tingkat energi. Namun, masih belum begitu diketahui apakah testosteron memiliki kemampuan anti-penuaan?

Testosteron adalah hormon pada pria yang diproduksi terutama pada testis. Memiliki beberapa fungsi dalam tubuh pria dan di antaranya adalah:
• Kepadatan tulang
• Distribusi lemak
• kekuatan dan massa otot
• Produksi sel darah merah
• Meningkatkan gairah sex
• Produksi sperma

Diperkirakan 40% dari pria yang berusia 40 tahun ke atas akan mengalami kelesuan, kurangnya konsentrasi, mood berubah-ubah, lekas marah, bahkan depresi dan bekurangnya kekuatan otot, stamina atau kehilangan libido atau sulit mempertahankan ereksi. Ini semua merupakan gejala-gejala SLOH atau symptomatic late-onset hypogonadism.

Meski demikian, gejala dan tanda-tanda klinis yang berhubungan dengan hypogonadism, tidak selalu semata disebabkan oleh hypogonadism. Karena hormon juga berkurang seiring bertambahnya usia, berbagai perubahan hormon lainnya juga berperan dalam mengakibatkan terjadinya SLOH. Efek dari hypogonadism ini pun mempengaruhi kualitas hidup ketika usia bertambah dan produksi hormon turun.

Lalu mengapa banyak dokter menilik penggantian testosterone untuk mengatasi SLOH? Karena hypogonadism berdampak pada kualitas hidup. Beberapa penelitian menyebutkan area yang paling terpengaruh dengan terjadinya SLOH adalah berkurangnya energi dan performa seksual. Beberapa survei juga menunjukkan hypogonadism mempengaruhi daya ingat, energi, kekuatan fisik dan kegiatan seksual. Penggantian testosterone juga dapat memberikan keuntungan yang berkaitan dengan rendahnya risiko terkena kanker prostat, penyakit jantung, osteoporosis dan keretakan pada tulang.

Selain itu, beberapa ahli juga menyatakan bahwa terapi ini dapat meningkatkan energi seksual dan rangsangan, dan dapat membantu untuk pengobatan impotensi. Hal ini penting untuk berkonsultasi dengan dokter yang akan menjelaskan semua manfaat dan kerugian dari pengobatan testosteron.

Post a Comment

 
Top