0
Selain biasa digunakan sebagai bumbu dapur, Tahukah anda bahwa jahe berguna untuk menambah gairah seks ? Jahe dapat menjadi obat lemah syahwat atau impoten ? Jahe juga bisa berfungsi sebagai antikanker, antiinflamasi dan antirematik ? Jahe juga bisa berbahaya bagi ibu hamil karena jahe bisa berperan sebagai agen aborsi yang bersifat menggugurkan kandungan?.

Tanaman Jahe bukan merupakan tanaman yang terlalu sulit untuk ditemukan. Mari kenali lebih lanjut tanaman jahe dan khasiatnya.

Nama Latin :
Zingiber officinale Rosc. Untuk jahe merah : Zingiber officinale varietas rubrum

NAMA SIMPLISIA Zingiberis Rhizoma; Rimpang Jahe.

Nama Daerah :
Nama-nama daerah bagi jahe tersebut antara lain halia (Aceh, Ambon), bahing (Batak karo), sipadeh atau sipodeh (Sumatera Barat), Jahi (Lampung), jae (Jawa), Jahe (sunda), jhai (Madura), pese (Bugis) lali (Irian).

Nama Asing : Ginger / Red Ginger (Inggris), Khan Jiang (China), Gingembre (French), Chiang ( China)

1. Impoten / Lemah Syahwat
Cara Penggunaan:
Siapkan 2 rimpang jahe sebesar ibu jari, 1 butir jeruk nipis, 1 butir telur ayam kampung, 1 sdt bubuk kopi, 1 sdm madu, dan sedikit bubuk merica. Cuci jahe, parut, tambahkan segelas air masak, lalu peras. Tambahkan air jeruk nipis, kuning telur, kemudian campur dengan semua bahan lainnya. Aduk sampai merata. Minum seminggu sekali.

Resep lain untuk menambah gairah seks : jahe merah + ginzeng + cabe jawa (masing2 15 g) + 20 g lada hitam direbus bersama dalam 4 geas air hingga tersisa 2 gelas. Minum masing2 1 gelas pada pagi dan sore hari, dengan menambahkan kuning telur 1 butir dan 2 sendok makan madu murni.

2. Batuk
Cara Penggunaan:
Ambil 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, cuci bersih, dan rebus dengan 2 gelas air. Didihkan hingga tinggal 1 gelas. Air rebusan jahe tersebut diminum 2 kali sehari, pagi dan sore hari.

3. Pegal-Pegal
Cara Penggunaan:
Ambil 2 rimpang jahe sebesar ibu jari dan susu segar 2 gelas. Rimpang jahe dicuci bersih, dibakar, lalu dikuliti. Rimpang itu dimemarkan, kemudian direbus bersama dengan susu segar. Susu jahe diminum 2 kali sehari, pagi, dan sore hari, masing-masing 1 gelas.

4. Kepala Pusing
Cara Penggunaan:
Ambil 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, cuci bersih, bakar, dan memarkan. Seduh dengan 1 gelas air tambahkan sedikit madu atau gula aren. Minum ramuan tersebut 1 gelas sekaligus.

5. Reumatik
Cara Penggunaan:
Ambil 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, bakar, kemudian cuci bersih, dan parut. Tempelkan parutan jahe bakar dibagian tubuh yang diserang rematik.
Resep 2 : Temulawak dan cabe jawa (masing2 20 g), daun komfrey dan jahe merah (masing2 25 g) + kumis kucing 30g. Cuci semua bahan, iris tipis rimpang jahe dan temulawak. Rebus dlm 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Minum masing2 segelas tiap pagi dan sore, tambahkan madu dan jeruk nipis untuk mengurangi rasa “jamu”

6. Sakit Pinggang
Cara Penggunaan:
Ambil 3 rimpang jahe dan 2 buah asam jawa yang sudah masak. Cuci jahe, parut, dan campur dengan asam jawa sampai merata.Oleskan pada pinggang yang sakit.

7. Masuk Angin
Cara Penggunaan:
Ambil 3 rimpang jahe sebesar ibu jari dan memarkan. Masukan kedalam 2 gelas air bersih dan beri sedikit gula aren.Didihkan selama 15 menit hingga airnya tinggal separuh. Saring dan minum ketika masih hangat, lakukan 2 kali sehari.

8.Untuk Payudara Indah dan Montok
Cara Penggunaan:
Masukkan dua ruas jahe segar yang telah dikupas kulitnya, ke dalam segelas susu murni yang panas. Tambahkan satu sendok teh gula. Minumlah menjelang tidur malam setiap hari.

9. Vitiligo (Bercak putih pada kulit karena kekurangan pigmen)
Cara Penggunaan:
Ambil 30 gr jahe, cuci bersih lalu dijus. Balurkan jus pada kulit yang menderita vitiligo tersebut.

10. Terserang cacing gelang
Ramuan: Ambil 60 gr jahe segar lalu cuci bersih. Lumatkan, campur dengan segelas air. Saring dan tambahkan madu satu sendok makan. Minum ramuan ini tiga kali sehari.

11. Luka lecet, tertikam, duri. Gatal-gatal. 
Rimpang dihaluskan.

12. Gigitan ular. 
Rimpang ditumbuk tambah, garam sdikit, letakkan pada tempat luka.

13. Kolera. 
Bawang merah 50 gr, akar lempuyang 125 gr, biji kedawung 375,5gr, jahe/ jahe merah 100 gr, kayu manis 125 gr. Rebus dengan 1½ liter air sampai tinggal separohnya, sesudah itu dibubuhi cuka jawa 0,25 liter dan tawas 50 gr, garam ½ sendok teh. Saring bubuhi gula putih halus ¼ cangkir dan minyak poko 2 sendok makan dan kayu putih. Sebelum diminum dikocok dahulu. Penggunaan: dewasa 1 sendok makan tiap ½ atau ¼ jam jam, anak-anak ½ sendok makan.

Post a Comment

 
Top