0
Meskipun bentuknya kecil, nyamuk adalah serangga yang juga mematikan. Penyebaran virus dan penyakit mudah sekali dibawa oleh nyamuk. Hanya dengan hinggap di bagian kulit kita ataupun menggigitnya, kita bisa terkena kuman yang dibawa nyamuk.

Demam berdarah contohnya. Penyakit ini penyebarannya dibawa oleh nyamuk yang bernama Aedes Aegypti. Beberapa jenis obat pengusir nyamuk telah d**eluarkan untuk mengurangi tumbuh dan berkembang biaknya serangga itu.

Untuk mengusir nyamuk dapat menggunakan obat anti nyamuk yang beredar di pasaran. Ada yang bentuknya spray, obat nyamuk bakar, sampai ke obat nyamuk elektrik. Bagaimanapun karena obat anti nyamuk tersebut merupakan bahan-bahan kimia, sebaiknya penggunaannya dibatasi dan tidak dibiasakan.

Kalau anda tak tahan dengan aroma obat nyamuk, ada cara lain untuk mengatasinya. Yaitu dengan meletakkan tanaman yang tidak disukai nyamuk di salah satu sudut rumah anda atau di pekarangan. Dibawah ini merupakan beberapa tanaman yang dipercaya bisa mengusir nyamuk dari rumah anda.

1. Suren
Jika anda memiliki lahan pekarangan luas dan dipenuhi dengan pepohonan, ada bagusnya anda menanam tumbuhan suren. Tanaman ini terbukti sangat ampuh mengusir nyamuk. Tumbuhan yang bentuknya pohon berukuran 20 m ini memiliki daun dan kulit kayu yang beraroma tajam. Para petani kerap menanam suren di ladang-ladang pesawahan mereka, suren dipercaya juga dapat mengusir hama serangga tanaman.

2. Zodia.
Tanaman yang berasal dari Papua ini memiliki daun pipih panjang berwarna hijau kekuningan. Zat evodiamine dan rutaecarpine yang terkandung tanaman ini tidak disukai nyamuk. Aroma wangi ini akan tercium saat tertiup angin.

3. Lavender.
Bunga tanaman ini berwarna ungu. Bunga lavender ini sudah dikenal dan umum dipakai dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk. Cara menggunakan bunga ini agar kulit kita tidak digigit nyamuk adalah dengan menggosok-gosokan bunganya pada kulit kita.

4. Geranium.
Geranium mengandung geraniol dan sitronelol yang menyebabkan nyamuk tidak mau mendekat. Cara memanfaatkan tanaman ini adalah dengan ditempatkan di tempat yang terkena tiupan angin, karena aroma geranium akan tercium bila daunnya saling bergesekan.

5. Serai.
Tanaman yang termasuk bangsa rumput-rumputan ini tidak disukai nyamuk karena adanya zat geraniol dan sitronelal. Ekstrak serai juga telah dimanfaatkan dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk dengan aromanya yang khas.

6. Rosemary.
Daunnya berbentuk jarum dan memiliki bunga ungu kecil. Dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dengan menggosok-gosokan daunnya ke kulit. Aroma yang dihasilkan mirip seperti aroma minyak kayu putih. Aroma ini dapat mengacaukan penciuman dan nyamuk.

7. Akar Wangi
Tumbuhan akar wangi dapat mengendalikan populasi nyamuk deman berdarah. Nyamuk demam berdarah konon sangat takut menghadapi tumbuhan akar wangi. Bau ngengat yang keluar dari tumbuhan ini cukup mematikan untuk nyamuk jenis itu.

8. Jeruk
Dalam postingan insektisida alami, disebutkan bahwa kulit jeruk mengandung lemonen. Ternyata lemonen sangat tidak disukai nyamuk dan serangga sejenis, karena membuat mereka merasa tercekik. Lemonen merusak zat yang melindungi sistem pernafasan serangga. Kulit jeruk dikumpulkan, ambil sedikit saja, dan potong dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran slot di pemanas obat nyamuk. Di dalam foto ini, saya pakai ukuran 2x4 cm dan ketebalan kulit jeruknya pas sekali dengan slot yang ada. Masukkan potongan kulit jeruk ini ke slot, dan nyalakan. Untuk sementara, Anda bisa bebas dari nyamuk nakal.

9. Daun Pepaya
Selain kulit jeruk, apalagi yang bisa mengusir nyamuk? Katanya sih, daun pepaya bisa juga digunakan. Zat yang ada dalam daun pepaya juga beracun bagi serangga. Kandungan alkaloid (karpain) dan papain yang membuatnya dapat mengusir (atau malah membunuh?) nyamuk.

10. Selasih
Yang terakhir adalah tanaman selasih. Selasih dipercaya mengeluarkan aroma yang cukup tajam bagi serangga. Tanaman ini paling cocok berada di dalam rumah. Letakkan sedikit lama dalam ruangan akan lebih membantu pengusiran nyamuk di rumah anda.

Post a Comment

 
Top